LABORATORIUM FISIKA I   Leave a comment


I. DESKRIPSI
Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib pada program S-1 Program Studi Pendidikan Fisika. Mata kuliah ini merupakan dasar dari aspek pedagogis materi ajar fisika di sekolah, oleh karena itu juga berfungsi sebagai mata kuliah pendukung bagi kelompok Matakuliah Keahlian Program Studi (MKKPS) pada progrm S-1 Program Studi Pendidikan Fisika. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan mengenai pengelolaan laboratorium fisika serta memiliki kemampuan menggunakan dan memelihara alat-alat yang terdapat dalam kit fisika sekolah. Dalam perkuliahan ini mahasiswa belajar dan dilatih mengenai pengelolaan laboratorium yang meliputi desain laboratorium, fasilitas laboratorium, bahan habis dan alat-alat laboratorium, administrasi pengelolaan laboratorium, perencanaan kegiatan laboratorium, keselamatan kerja di laboratorium, serta penggunaan dan pemeliharan alat-alat yang terdapat dalam kit fisika sekolah yang meliputi kit-kit mekanika, gelombang, optik, listrik-magnet dan termodinamika. Perkuliahan dilaksanakan menggunakan pendekatan konseptual dan kontekstual dengan metoda demonstrasi, praktek, diskusi, tanya jawab, dan ceramah, dilengkapi dengan penggunaan LCD, OHP, dan alat peraga fisika. Tahap penguasaan mahasiswa dievaluasi selain dengan UTS dan UAS juga melalui tugas berupa makalah dan presentasi. Buku sumber utama yang digunakan adalah: Fred Grover dan Peter Wallace (1979), Laboratory Organization and Management, Butterworth & Co (publisher) Ltd, London.
II. SILABUS

Kelompok mata kuliah : MKK Program Studi
Program Studi/Program : Pendidikan Fisika / S-1
Status mata kuliah : Wajib
Prasyarat : Pernah mengikuti Fisika Dasar I dan II
Dosen :Drs. La Tahang, M.Pd
2. Tujuan
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan mengenai pengelolaan laboratorium fisika serta memiliki kemampuan menggunakan dan memelihara alat-alat yang terdapat dalam kit fisika SMP.
3. Deskripsi isi
Dalam perkuliahan ini mahasiswa belajar dan dilatih mengenai pengelolaan laboratorium yang meliputi desain laboratorium, fasilitas laboratorium, bahan habis dan alat-alat laboratorium, administrasi pengelolaan laboratorium, perencanaan kegiatan laboratorium, keselamatan kerja di laboratorium, serta penggunaan dan pemeliharan alat-alat yang terdapat dalam kit fisika SMP yang meliputi kit-kit mekanika, gelombang, optik, listrik-magnet dan termodinamika.
4. Pendekatan / Metoda pembelajaran
Konseptual dan kontekstual
Metode : demonstrasi, praktek, tanya jawab, diskusi, ceramah
Tugas : Makalah, Presentasi
Media : LCD, OHP, alat peraga fisika
5. Evaluasi
 Kehadiran
 Tugas
 Presentasi
 UTS
 UAS
6. Materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 : Penjelasan Deskripsi, silabus, dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
Pertemuan 2 : Desain laboratorium
Pertemuan 3 : Fasilitas Laboratorium
Pertemuan 4 : Bahan habis dan alat-alat laboratorium
Pertemuan 5 : Administrasi pengelolaan laboratorium
Pertemuan 6 : Perencanaan kegiatan laboratorium
Pertemuan 7 : Keselamatan kerja di laboratorium
Pertemuan 8 : Ujian Tengah Semester.
Pertemuan 9 : Pengantar mengenai Penggunaan dan pemeliharaan alat-alat yang terdapat dalam kit fisika sekolah
Pertemuan 10 : Penggunaan dan pemeliharaan kit Mekanika
Pertemuan 11 : Penggunaan dan pemeliharaan kit Gelombang
Pertemuan 12 : Penggunaan dan pemeliharaan kit Optik
Pertemuan 13 : Penggunaan dan pemeliharaan kit Listrik – magnet
Pertemuan 14 : Penggunaan dan pemeliharaan kit Termodinamika
Pertemuan 15 : Refleksi dan penguatan mengenai Penggunaan dan pemeliharaan alat-alat yang terdapat dalam kit fisika sekolah
Pertemuan 16 : Ujian Akhir Semester
7. Daftar buku
Fred Grover dan Peter Wallace (1979), Laboratory Organization and Management, Butterworth & Co (publisher) Ltd, London.
G.L. Squires (1986), Practical Physics, J.W. Arrowsmith Ltd, Bristol.
Manuan/Panduan percobaan kit fisika sekolah
III. SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Matakuliah : Laboratorium Fisika Sekolah I
Kode : FI451
SKS : 2 sks
Semester : 5
Nama Dosen : Drs. La Tahang, M.Pd.

Minggu Ke Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok/ Sub Materi Pengalaman Belajar Media Evaluasi Sumber
1 Deskripsi silabus dan SAP Laboratorium Fisika Sekolah I
- Menerima informasi deskripsi, silabi dan SAP
- Diskusi mengenai implementasi deskripsi, silabi dan SAP, dalam kegiatan perkuliahan.
- LCD
- OHP
2 Menguasai pengelolaan laboratorium
 Membuat desain laboratorium
 Mendeskripsikan ruangan-ruang laboratorium
Desain laboratorium
 Denah laboratorium
 Ruang praktikum
 Ruang persiapan
 Ruang penyimpanan
 Ruang guru
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- Presentasi
- Diskusi
- LCD
- OHP
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)

 Merancang instalasi-instalasi laboratorium
 Merancang mebeler laboratorium
Fasilitas laboratorium
 Instalasi listrik
 Instalasi air bersih
 Instalasi gas
 Instalasi limbah
 Instalasi komunikasi
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- Presentasi
- Diskusi
- LCD
- OHP
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)
Standar Kompotensi::
Menguasai pengetahuan fisika secara komprehensif, mantap dan cukup mendalam sehingga lulusan dapat mengembangkan dan menyesuaikan diri terhadap berbagai situasi dan perubahan
Minggu Ke Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok/ Sub Materi Pengalaman Belajar Media Evaluasi Sumber
 Mebeler
 Mengidentifikasi bahan-bahan habis
 Mengidentifikasi bahan-bahan pembersih
 Mengklasifikasikan alat-alat laboratorium
Bahan habis dan alat-alat laboratorium
 Bahan habis
 Bahan pembersih
 Alat tak bergerak (permanent)
 Alat bergerak (tak permanent)
 Alat-alat (tools) perbaikan
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- Presentasi
- Diskusi
- LCD
- OHP
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)

 Menjelaskan organisasi laboratorium
 Menganalisis kebutuhan pengadaan alat-alat laboratorium
 Membuat daftar inventaris alat-alat laboratorium
 Membuat format-format administrasi penggunaan, peminjaman dan perawatan alat-alat laboratorium
Administrasi pengelolaan laboratorium
 Organisasi laboratorium
 Pengadaan alat-alat laboratorium
 Inventarisasi fasilitas dan alat-alat laboratorium
 Administrasi penggunaan laboratorium dan alat-alat laboratorium
 Administrasi peminjaman alat laboratorium
 Administrasi pemeliharaan alat-alat laboratorium
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- Presentasi
- Diskusi
- LCD
- OHP
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)

 Membuat rencana kegiatan laboratorium
 Mengevaluasi kegiatan laboratorium
 Melakukan pemeliharaan dan perawatan alat-alat laboratorium
Pengembangan kegiatan laboratorium
 Perencanaan kegiatan laboratorium
 Pelaksanaan kegiatan laboratorium
 Evaluasi kegiatan laboratorium
 Perawatan dan persiapan alat
 Praktikum, demonstrasi dan kegiatan pembelajaran di laboratorium
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- Presentasi
- Diskusi
- LCD
- OHP
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)
Mengidentifikasi instalasi keselamatan laboratorium
 Mendeskripsikan bahan dan alat-alat keselamatan
 Membuat tata tertib kegiatan laboratorium
Keselamatan kerja di laboratorium
 Instalasi keselamatan (PPPK)
 Bahan dan alat-alat keselamatan
 Tata tertib kegiatan laboratorium
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- Presentasi
- Diskusi
- LCD
- OHP
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)
8
Ujian Tengah Semester
Ujian
Minggu Ke Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok/ Sub Materi Pengalaman Belajar Media Evaluasi Sumber
tertulis
9
Mampu menggunakan dan merawat alat-alat yang terdapat dalam kit fisika sekolah
 Mengidentifikasi kit-kit fisika sekolah
 Mengenal isi dan struktur kit fisika sekolah
 Melakukan contoh kegiatan menangani dan memelihara kit fisika sekolah
Penggunaan dan pemeliharaan alat-alat yang terdapat dalam kit fisika sekolah
 Pengenalan kit fisika sekolah
 Penggunaan kit fisika sekolah untuk kegiatan pembelajaran
 Pemeliharaan kita fisika sekolah
- Menerima informasi
- Diskusi
- LCD
- OHP
- Kit Fisika Sekolah
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)
 Mengidentifikasi alat-alat dalam kit mekanika
 Merangkai alat-alat dalam kit mekanika
 Melakukan percobaan dengan menggunakan manual kit mekanika
 Mendemonstrasikan penanganan dan penggunaan alat-alat dalam kit mekanika
Penggunaan dan pemeliharaan alat-alat yang terdapat dalam kit mekanika
 Eksplorasi alat dalam kit
 Percobaan menggunakan alat-alat dalam kit
 Demonstrasi penggunaan alat-alat dalam kit
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- Praktikum
- Presentasi dan demonstrasi
- diskusi
- LCD
- OHP
- Kit Fisika Sekolah
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)
 Mengidentifikasi alat-alat dalam kit gelombang
 Merangkai alat-alat dalam kit gelombang
 Melakukan percobaan dengan menggunakan manual kit gelombang
 Mendemonstrasikan penanganan dan penggunaan alat-alat dalam kit gelombang
Penggunaan dan pemeliharaan alat-alat yang terdapat dalam kit gelombang
 Eksplorasi dan indentifikasi alat dalam kit
 Percobaan menggunakan alat-alat dalam kit
 Demonstrasi penggunaan alat-alat dalam kit
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- Praktikum
- Presentasi dan demonstrasi
- diskusi
- LCD
- OHP
- Kit Fisika Sekolah
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)
 Mengidentifikasi alat-alat dalam kit optik
Penggunaan dan pemeliharaan alat-alat yang terdapat dalam kit optik
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- LCD
- OHP
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)
Minggu Ke Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok/ Sub Materi Pengalaman Belajar Media Evaluasi Sumber
 Merangkai alat-alat dalam kit optik
 Melakukan percobaan dengan menggunakan manual kit optik
 Mendemonstrasikan penanganan dan penggunaan alat-alat dalam kit optik
 Eksplorasi dan indentifikasi alat dalam kit
 Percobaan menggunakan alat-alat dalam kit
 Demonstrasi penggunaan alat-alat dalam kit
- Praktikum
- Presentasi dan demonstrasi
- diskusi
- Kit Fisika Sekolah
 Mengidentifikasi alat-alat dalam kit listrik-magnet
 Merangkai alat-alat dalam kit listrik-magnet
 Melakukan percobaan dengan menggunakan manual kit listrik-magnet
 Mendemonstrasikan penanganan dan penggunaan alat-alat dalam kit listrik-magnet
Penggunaan dan pemeliharaan alat-alat yang terdapat dalam kit listrik-magnet
 Eksplorasi dan indentifikasi alat dalam kit
 Percobaan menggunakan alat-alat dalam kit
 Demonstrasi penggunaan alat-alat dalam kit
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- Praktikum
- Presentasi dan demonstrasi
- diskusi
- LCD
- OHP
- Kit Fisika Sekolah
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)

 Mengidentifikasi alat-alat dalam kit termodinamika
 Merangkai alat-alat dalam kit termodinamika
 Melakukan percobaan dengan menggunakan manual kit termodinamika
 Mendemonstrasikan penanganan dan penggunaan alat-alat dalam kit termodinamika
Penggunaan dan pemeliharaan alat-alat yang terdapat dalam kit termodinamika
 Eksplorasi dan indentifikasi alat dalam kit
 Percobaan menggunakan alat-alat dalam kit
 Demonstrasi penggunaan alat-alat dalam kit
- Menerima informasi
- Membuat makalah
- Praktikum
- Presentasi dan demonstrasi
- diskusi
- LCD
- OHP
- Kit Fisika Sekolah
- Kehadiran
- Tugas
1)
2)

Refleksi dan penguatan tentang
- Menerima informasi
- LCD
- Kehadiran
1)
Minggu Ke Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok/ Sub Materi Pengalaman Belajar Media Evaluasi Sumber
penggunaan dan pemeliharaan alat-alat yang terdapat dalam kit fisika sekolah
- Diskusi
- OHP
- Kit Fisika Sekolah
- Tugas
2)
Ujian Akhir Semester
Ujian tertulis

About these ads

Posted July 31, 2010 by www.latahang.com in Uncategorized

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,048 other followers

%d bloggers like this: