DIKLAT PENYUSUNAN INSTRUMEN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)   Leave a comment


Oleh La Tahang

Latar Belakang

Akhir-akhir ini penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai bagian dari penelitian tindakan (action research) yang bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas makin banyak diminati. Tidak sedikit tenaga pendidik melakukan PTK dalam upaya pengembangan profesinya. Oleh karena itu, pengetahuan tentang PTK makin dibutuhkan. Salah satu aspek yang menjadi kendala dalam PTK adalah bagaimana menyusun dan mengembangkan sebuah instrument untuk dijadikan sebagai alat ukur dalam menentukan tingkat keberhasilan proses belajar mengajar (PBM).

Rasional

Dalam UU sisdiknas dan UU guru dan dosen menyatakan bahwa (a) guru sebagai unsure pendidik harus memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan mengajar, (b) guru sebagai unsur pendidik yang merupakan tenaga professional yang senantiasa harus mengembangkan profesinya. Beberapa Indikator mengembangkan profesi guru antara lain menulis karya ilmiah hasil penelitian dibidang pendidikan serta memiliki kompetensi merencanakan pembelajaran di kelas dengan baik sehingga sasaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Untuk mengukur tingkat keberhasilan tersebut, maka dibutuhkan suatu instrument yang valid dan reliable. Dengan demikian, diklat penyusunan instrument PTK merupakan suatu kebutuhan bagi guru untuk mengembangkan kemampuannya dalam melaksanakan PTK.

Tujuan

Melalui diklat penyusunan instrument PTK, maka kegiatan ini bertujuan:
Untuk meningkatkan dan memantapkan kompetensi guru, yaitu
kompetensi meneliti dan menyusun instrument dalam PTK
Untuk memfasilitasi kemampuan melaksanakan penelitian ilmiah bagi guru-guru pada jenjang guru pembina terutama yang telah teridentifikasi mengalami hambatan kenaikan golongan.

Materi Diklat
Pengembangan instrument tes kognitif
Pengembangan instrument tes afektif
Pengembangan instrument tes psikomotorik

Metode
Workshop terdiri dari teori dan praktek dengan komposisi 30% untuk teori dan 70% untuk praktek. Adapun mekanisme kegiatan wokshop sebagai berikut.
Ceramah Umum: Pengembangan instrument tes kognitif, Pengembangan instrument tes afektif, Pengembangan instrument tes psikomotorik
Diklat: penyusunan instrument tes kognitif, instrument tes afektif, instrument tes psikomotorik.

Peserta
Komponen yang dilibatkan dalam diklat ini adalah Guru.

Fasilitator
Fasilitator diklat adalah Bidang Kerjasama dan Hubungan Internasional FKIP Unhalu

Lama Diklat
Enam hari (48 jam)

About these ads

Posted February 27, 2013 by www.latahang.com in Uncategorized

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,200 other followers

%d bloggers like this: