Makna dan Tujuan Layanan Prima   Leave a comment


Oleh La Tahang

Dalam kehidupan Sosial masyarakat yang semakin modern, sangat penting bagi setiap organisasi baik organisasi publik, Privat, ataupun Sosial untuk menerapkan dan memberikan pelayanan prima kepada siapapun yang membutuhkan tanpa melihat latar belakang dari orang yang dilayani, apakah orang itu “miskin atau kaya”, “Pejabat atau Masyarakat Biasa”, tanpa melihat Ras, Suku, Agama, dan Lainnya.yang jelas adalah semua orang harus dilayani tanpa ada perbedaan-perbedaan apapun.
Berkaitan dengan “Pelayanan Prima” sangat penting diketahui seluruh staf FKIP sebagai pengelola Organisasi Fakultas?
Konsep Pelayanan Prima dalam suatu organisasi yaitu :
•Pelayanan terbaik dan melampaui standar pelayanan atau melampaui harapan
•Pelayanan yang memiliki ciri khas tertentu yang membuat orang lain terkesan dan tidak dimiliki oleh organisasi lain
•Kualitas pelayanan yang tinggi dan mengikuti perkembangan zaman
•Pelayanan yang memenuhi kebutuhan praktis (Cepat, Mudah dalam pelayanan atau tidak berbelit-belit)
Apakah pelayanan Prima itu Penting ??? Mengapa ???
•Pelayanan Prima penting karena memiliki makna ekonomi
•Adanya Persaingan yang cukup Tajam
•Pelayanan merupakan tempat berkumpulnya uang dan pekerjaan
•Pelayanan memberikan pemehaman yang semakin baik terhadap yg dilayani dengan:
•Tampil rapi dalam melayani pelanggan ;
•Tampil sopan dalam menghadapi pelanggan ;
•Tampil ceria dalam menyambut pelanggan ;
•Tampil yakin dan menyakinkan bahwa dirinya dapat meyakinkan dan diyakini oleh pelanggan, bahwa dirinya dapat menyajikan pelayanan yang sesuai
dengan keinginan pelanggannya ;
•Tampil dengan prinsip senang belajar ( learning ) untuk tujuan menyenangkan pelanggan ;
•Senang menyenangkan orang lain ;
Tujuan dan Manfaat pelayanan prima
•Tujuan pelayanan prima adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan (Mahasiswa, alumni, dsb) serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan. Pelayanan prima dalam sektor publik didasarkan pada aksioma bahwa “pelayanan adalah pemberdayaan”. Pelayanan pada sektor bisnis berorientasi profit, sedangkan pelayanan prima pada sektor pendidikan bertujuan memenuhi kebutuhan Mahasiswa/Alumni dan sebaginya secara sangat baik atau terbaik sesuai dengan stándar yg telah ditetapkan.

Posted March 9, 2013 by www.latahang.com in Uncategorized

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: