5 Prinsip Belajar Sukses Akademik   Leave a comment


Meraih prestasi akademik yang memuaskan adalah harapan hampir semua siswa dan para orang tua. Hasil yang baik sudah barang tentu selalu diiringi dengan proses yang matang. Proses dalam belajarpun membutuhkan serangkaian strategi yang mumpuni. Berikut adalah 5 Prinsip Belajar Sukses yang dapat meningkatkan prestasi akademik:

1. Terbiasa Membuat Rencana Belajar

Perencanaan adalah hal terpenting dalam memulai segala aktivitas. Apalagi jika aktivitas tersebut memiliki sejumlah target yang akan kita capai. Perencananaan dalam proses belajar adalah berkaitan dengan bagaimana menyusun jadwal belajar. Terlebih jika kita dihadapkan pada musim ulangan atau ujian dimana biasanya yang diujikan dalam 1 hari adalah lebih dari 1 mata pelajaran. Ingat terhadap ungkapan berikut, Jika kita gagal merencanakan itu artinya kita merencanakan untuk gagal.

2. Fokus

Fokus adalah kunci untuk mendapatkan pemahaman pelajaran yang menyeluruh. Ketika seseorang mampu fokus terhadap tujuannya, yakni hasil akademik terbaik, maka secara otomatis ia pun akan mampu fokus menumbuhkan pemahaman menyeluruh terhadap konsep pelajaran di sekolah. Dengan demikian, sukses akan semakin mudah diraih.

3. Belajar Kelompok

Belajar secara berkelompok bagi beberapa individu justru akan meningkatkan semangat dan pemahaman pelajaran. Belajar dalam kelompok akan menghadirkan suasana belajar yang tidak membosankan. Terlebih jika siswa/Mahasiswa belajar, setiap siswa/mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar secara mandiri juga berkonsultasi dalam kelompok kecil. Hal ini merupakan konsep belajar yang dinilai efektif oleh para Ahli pendidikan.

4.Rajin Mengulang

Memahami pelajaran membutuhkan ketelatenan dan ketekunan. Tekun dalam mengulang materi pelajaran akan menguatkan daya ingat seseorang terhadap pelajaran. Pengembangan Pendidikan FKIP Unhalu memiliki sejumlah strategi dalam meningkatkan daya ingat siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran.

5. Latihan dan Latihan

Kunci Sukses berikutnya adalah membiasakan untuk terus menerus latihan mengerjakan soal dengan beragam tingkat kesulitan. Jika ini mampu dilaksanakan, maka pemahaman akan konsep pelajaran pun semakin mapan.

Demikian 5 Prinsip Belajar Sukses Dari Bimbingan Belajar Ayopinter. Semoga Sukses.

Posted June 29, 2013 by www.latahang.com in Uncategorized

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: