Ujian SP mata Kuliah SBM 2013   Leave a comment


SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER PENDEK MK. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR 2013
1. Jelaskan: Metode mengajar, pendekatan pembelajaran, strategi belajar mengajar, teknik pembelajaran, dan model pembelajaran
2. Tuliskan komponen-komponen yang terdapat di dalam interaksi belajar mengajar ?
3. Faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan guru dalam memilih dan menentukan metode mengajar ?
4. Jelaskan 5 macam metode mengajar!
5. Jelaskan 3 pola komunikasi dalam proses interaksi belajar mengajar ?
6. Apa fungsi motivasi dalam belajar ?
7. Tuliskan bentuk bentuk motivasi belajar di sekolah ?
8. Jelaskan hubungan teori belajar dengan strategi mengajar guru ?
9. Perhatikan beberapa pendekatan pembelajaran berikut: 1. Guru pengelola proses belajar 2. Guru mengembangkan rencana kegiatan belajar pebelajar 3. Guru penyampai informasi 4. Pembelajaran dimulai dengan menampilkan masalah 5. Guru memadukan beberapa matapelajaran untuk mempelajari suatu konsep 6. Pebelajar belajar untuk dirinya sendiri dan mengatur kegiatan belajarnya. Dari beberapa pendekatan pembelajaran di atas yang termasuk pembelajaran yang efektif mencakup ….
A. 1, 3, 5, 6
B. 2, 4, 5, 6
C. 1, 2, 3, 4
D. 1, 4, 5, 6
Jelaskan:

10. Simak kegiatan guru berikut : 1).Menyediakan proses balikan 2). Memberi kesempatan kepada siswa untuk praktek mandiri 3). Masuk dalam kelas langsung menyajikan materi baru 4). Sebelum melanjutkan materi baru mereview materi lama 5). Menyuruh seorang siswa mencatat materi di papan tulis siswa lain mencatat selama jam pelajaran 6). Mendiktekan materi baru untuk dicatat siswa selama jam pelajaran 7). Menyajikan materi baru dan membimbing praktek 8). Membimbing praktek keterampilan dan memberi penguatan 9). Mereview pekerjaan setiap periode waktu tertentu. Dari kegiatan guru di atas seorang guru yang efektif melakukan kegiatan ….

A. 1), 2), 3), 4), 5), 6)
B. 1), 2), 4), 7), 8), 9)
C. 1), 3), 5), 6), 7), 8)
D. 2), 4), 5), 7), 8), 9)
Jelaskan :

11. TIK : Siswa dapat membuktikan bahwa pada fotosintesis diperlukan CO2 dan dihasilkan O2. Untuk mencapai TIK maka metode paling tepat digunakan adalah ….

A. demonstrasi
B. diskusi
C. praktikum
D. studi mandiri.
Jelaskan:

12. Kegiatan seorang guru yang profesional sebagai fasilitator adalah ….

A. menguasai dan menyampaikan materi dengan jelas dan baik
B. membuat kondisi kelas kondusif dan optimal
C. mengusahakan agar proses belajar mengajar berjalan optimal
D. mengetahui apakah tujuan pembelajaran telah tercapai

13. Ditinjau dari segi ruang lingkup antara pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran terdapat perbedaan berikut …. Mana yang benar
1) pendekatan digunakan sebagai landasan berpikir dalam menentukan strategi, metode dan teknik

2) teknik pembelajaran lebih sempit ruang lingkupnya dibanding metode dan strategi pembelajaran

3) strategi terdiri dari metode dan teknik
Jelaskan :
14 .Penyajian dan peengulangan bahan termasuk dalam kegiatan yang terdapat dalam penentuan:
a. teknik b. metode c. pendekatan d. strategi

15. Contoh-contoh di bawah ini yg dapat berfungsi ganda sebagai sumber pelajaran disamping sebagai alat/media pengajaran adalah:
a. OHP b. Proyektor c. tape recorder d. modul

16. Tugas guru di dalam kelas yang baik sebagai……….
a. pengajar b. pengelola c.pendidik d. ketiganya

17. Salah satu indikator keberhasilan pengelolaan kelas adalah..
a. siswa tenang selama jam pelajaran
b. siswa merasa senang mengikuti pelajaran
c. guru merasa dapat menguasai kelas
d. nilai rata-rata kelas baik

17. “Kamu pasti bisa, coba sekali lagi” Kata-kata guru tersebut kalau dihubungkan dengan prinsip-prinsip pengelolaan kelas termasuk prinsip…
a. keluwesan b. bervariasi
c. kehangatan d. motivasi
18. Sampai sekarang metode ceramah masih dipertahankan pemakaiannya dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi sebab:
(1) dapat menghemat waktu
(2) kadar Pembelajran aktifnya tinggi
(3) dapat digunakan dalam kelompok besar
19. fungsi sumber pembelajaran adalah
(1) meningkatkan produktivitas pendidikan
(2) lebih memantapkan pengajaran
(3) memungkinkan belajar secara efektif
20. Untuk menciptakan rasa yang harmonis antara siswa dengan guru, sserta siswa dengan siswa, guru harus memahami kebutuhan siswa antara lain..
(1) rasa aman (2) kasih sayang (3) pengakuan
21. Buku modul dapat dikatakan sebagai.
(1) sumber belajar
(2) teknik pengajaran
(3) media pengajaran
22. Rancang suatu perangkap pembelajaran lengkap mulai dari silabus, RPP, dan Media Pembelajaran pada pokok bahasan fisika sma atau smp
23. Beri saran untuk perkuliahan berikutnya untuk mata kuliah STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
= SELAMAT BEKERJA =

CATATAN:
1.Dikumpulkan paling lambat jam 10.00, Hari kamis 29/08/2013

Posted August 28, 2013 by www.latahang.com in Uncategorized

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: